Header Ads

ads header

Breaking News

KB. 2 Permainan Bola Voli | PJOK X Sem 1

 

| Permainan Bola Voli |
Permainan Bola Voli Memiliki  teknik dasar yaitu servis atas dan servis bawah dalam permainan Bola Voli.

Teknik dasar Servis dalam permainan Bola Voli merupakan keterampilan penting dan mutlak yang harus dikuasai oleh setiap pemain bola voli. Servis merupakan kemampuan yang dimiliki setiap pemain dalam permainan Bola Voli.

Berikut cara-cara dalam melakukan servis dalam permainan bola voli.

a. Servis atas
|Servis Atas |
Servis adalah pukulan bola ke area lapangan yang dilakukan awal permainan. Servis merupakaan serangan untuk menghentikan dan membuka pertahanan lawan. Rangkaian servis atas adalah sebagai berikut:
  1. Berdiri dengan salah satu kaki berada di depan (melangkah)
  2. Badan agak melanting ke belakang dan berat badan pada kaki belakang
  3. Ayunkan tangan kanan bersamaan dengan gerakan badan ke depan
  4. Saat memlakukan pukulan pergelangan melecutkan saat melakukan pukulan
  5. Pada akhir gerakan, berat badan dibawa ke depan melangkah kaki ke depan
b. Servis Bawah
Sama halnya dengan manfaat servis atas, servis bawah juga sebagai serangan untuk membuka pertahanan lawan. Rangkaian gerak servis bawah adalah sebagai berikut:
  1. Salah satu kaki berada didepan dengan lutut sedikit ditekuk
  2. Tangan mengepal dan kemudian diayunkan dari belakang
  3. Bola dilambungkan/dilepas dan kemudian tangan pemukul diayunkan hingga memukul tepat pada bagian bola voli
  4. Bola dipukul hingga melewati net ke daerah lawan

| Video Servis Bawah |


Rangkuman

Passing, smash dan servis merupakan teknik dasar menjadi kunci permainan bola voli. Setiap gerakan gerakan teknik dasar tersebut bsia dikembangkan menjadi teknik yang sempurna sehingga mampu menampilkan permainan yang baik. Pasing bisa dikembangkan menjadi beberapa teknik dan menjadi kombinasi gerak keterampilan. Passing bawah biasa digunakan untuk memberikan umpan ataupun menahan bola, sedangkan passing atas biasanya dipergunakan untuk mengumpan kepada teman yang berada di depan net posisi 4, 5 dan 6.

Seiring dengan perkembangan teknik permainan bola voli, servis berkembang menjadi teknik serangan awal, karena prinsipnya seperti pada teknik dasar smash yang bisa mematikan pukulan lawan. Teknik dasar lanjutan  dalam permainan bola voli adalah blocking atau membendung pukulan bola, membendung memerlukan kemampuan teknik yang tinggi. Blocking dilakukan ketika untuk membendung pukulan yang biasanya dilakukan oleh seorang pemain bola voli yang memiliki keterampilan yang baik.

Servis adalah pukulan bola ke area lapangan yang dilakukan awal permainan. Servis merupakan serangan untuk menghentikan dan membuka pertahanan lawan.



Tidak ada komentar