Header Ads

ads header

Breaking News

Senam Lantai PJOK kelas X Semester 2

 

1. Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Senam merupakan terjemahan kata dari bahasa Inggris gymnastic yang berasal dari bahasa Yunani gymnos yang artinya telanjang. Senam dapat diartikan sebagai latihan jasmani yang dilakukan dengan sengaja, disusun secara sistematis, dan dilakukan dengan sadar dengan tujuan tertentu. Sedangkan menurut para ahli adalah sebagai berikut: 

Madijono (2010:1), pengertian senam adalah suatu bentuk latihan jasmani yang sistematis, teratur dan terencana dengan melakukan gerakan-gerakan yang spesifik untuk mendapatkan manfaat bagi tubuh.

Menurut Peter H. Werner (dalam Muhajir 2006:70), pengertian senam adalah latihan tubuh pada lantai atau alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan kelenturan, kelincahan, koordinasi, sertra kontrol diri.

Menurut Margono (2009:19), definisi senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.

Pengertian senam lantai secara umum adalah salah satu cabang dari olahraga senam yang dilakukan di atas lantai atau lapangan dengan beralaskan matras.

Sedangkan menurut para ahli yang dimaksud dengan senam lantai adalah gerakan atau belntuk latihan yang dilakukan diatas lantai dengan beralaskan permadani atau sebangsanya sebagai alat yang dipergunakan (Soekarno Wuryati, 2014:110). Menurut Agus Margono (2009:79), pengertian senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras, unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada saat meloncat ke depan atau belakang


2. Lompat Kangkang

    Lompat kangkang adalah salah satu macam dari teknik senam lantai dimana pesenam melakukan gerakan melompati benda dengan cara kangkang.

Keterampilan gerak lompat kangkang:

a)      Berdiri tegak menghadap peti lompat atau teman yang membungkuk

b)  Lakukan lompatan ke arah peti lompat atau teman yang membungkuk dengan menggunakan kaki sebagai tolakan sampai kedua tangan menyentuh bagian atas peti lompat/punggung teman

c)  Pada saat tangan menyentuh bagian atas peti lompat atau punggung teman yang membungkuk, buka kedua kaki selebar mungkin ke samping. (Lihat gambar 1 dan gambar 2)

d) Turun kembali ke posisi awal melompat

e) Lakukan berulang-ulang



Gambar 1. Rangkaian Gerak Lompat Kangkang (https://penjaskes.co.id/lompat-kangkang-2/)

                 3. Lompat Jongkok

Lompat  jongkok secara  umum   adalah   gerakan   melompat   dilanjutkan dengan jongkok diatas peti lompat dan diakhiri dengan jongkok di lantai.

Keterampilan gerak lompat jongkok:

a)  Berdiri tegak menghadap peti lompat.


b) Lakukan lompatan ke arah peti lompat dengan menggunakan kaki sebagai tolakan dan mendarat dengan kedua kaki di atas box bersamaan kedua tangan lurus.


c)      Turun kembali ke posisi awal melompat


d)  Lakukan berulang-ulang

 

Gambar 3. Rangkaian Gerak Lompat Kangkang (http://walpaperhd99.blogspot.com/2017/02/cara-senam-lantai-lompat- kangkang.html)




Tidak ada komentar