Header Ads

ads header

Breaking News

Akitivitas Gerak Berirama Kelas X Sem 2


 A. Uraian Materi

Senam irama ini merupakan senam yang diperlombakan dalam Olimpiade dan pertandingan senam irama internasional, sementara itu senam aerobic misalnya, merupakan senam yang dilakukan untuk sekedar menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, dimana dalam senam ini sekelompok peserta melakukan gerakan senam dengan dipandu oleh seorang pemandu senam.

Sejauh ini senam irama hanya dilakukan/diperuntukkan oleh kaum hawa. Namun akhirnya Jepang mulai mempelopori untuk menciptakan nomor putra dalam senam irama meski hal ini masih berlaku di kalangan Jepang saja.

Senam ini didominasi oleh kaum hawa. Pertama-tama karena senam ini dilahirkan di Eropa oleh beberapa pakar yang justru merupakan pakar di bidang seni. Dalam perkembangannya, senam irama sangat banyak mengadopsi gerakan balet dan waktu itu tari balet ini juga identik dimiliki oleh kaum hawa. Hal ini berlangsung turun-temurun sehingga senam irama yang awalnya memang dilakukan oleh kaum hawa, menjadi identik sebagai kegiatan olah raga kaum hawa dan sampai sekarang telah menjadi tradisi yang demikian.

1. Unsur-unsur yang diperlukan dalam Senam Berirama

a.     Kelentuka

b.     Keseimbangan

c.       Keluwesan

d.      Fleksibilitas

e.       Kontinuitas

f.       Ketepatan

2. Jenis-jenis Senam Berirama

a.    a. Senam irama yang berasal dari seni sandiwara, dipelopori oleh Delsarte tahun 1811 – 1871, seorang sutradara. Ia menghendaki agar gerakan dalam sandiwara yang dibuat-buat itu dapat dilakukan dengan gerakan yang wajar. tapi ia belum berhasil, karena sifat kesandiwaraan masih terlihat dalam aliran ini. Dialah yang pertama-tama menciptakan sistem senam irama.

b.      b. Senam irama yang berasal dari seni musik ini dipelopori oleh Jacques Dalcroze, seorang guru musik yang ingin menyatakan lagu-lagu dalam bentuk gerakan. Dalam sistemnya sudah tentu lebih mementingkan musiik dari pada gerakan. Murid Dalcroze, Bode, berpendapat bahwa gerakan itu harus digerakkan dari dalam ke feri-feri. Maka senamnya terkenal dengan nama “Ausdruk Gymnastiek” artinya senam yang dijalankan dengan penuh perasaan. Murid Bode adalah yang sangat senang memberikan latihan dengan alat seperti bola, gada dan simpai.

c.      c.  Senam irama yang berasal dari seni tari, dipelopori oleh Rudolfb Laban tahun 1879 – 1958

cc   3.    Gerakan dasar langkah kaki

a.    Marching gerakan jalan di tempat.



b.    Single Step, melangkahkan kaki satu langkah ke samping kanan atau ke samping kiri.

c.     Double Step ; melangkahkan kaki dua langkah ke samping kanan atau dua langkah ke samping kiri



d.    Single Lunge; dari posisi awal kaki sejajar melangkahkan kaki kanan, satu langkah serong ke kanan belakang dan kembali ke posisi semula kemudian melangkahkan kaki kiri satu langkah serong ke kiri belakang dan kembali ke posisi awal

 

e. Double Lunge; dari posisi awal kaki sejajar melangkahkan kaki kanan, sebanyak dua kali serong ke kanan belakang dan kembali ke posisi awal kemudian melangkahkan kaki kiri dua kali serong ke kiri belakang dan kembali posisi awal.

f.        Heel Touch; Dari posisi awal kaki sejajar melangkahkan kaki kanan ke depan satu kali dengan perkenaan tumit ke lantai dan kembali lagi ke posisi awal, kemudian diikuti melangkahkan kaki kiri ke depan dengan perkenaan tumit ke lantai dan kembali lagi ke posisi awal.



g.      Dari posisiawal kaki sejajar melangkahkan kaki kanan kedepan satu kali dengan perkenaan ujungkaki ke lantai dan kembali lagi ke posisi awal, kemudian diikuti melangkahkan kaki kiri ke depan dengan perkenaan ujung kaki ke lantai dan kembali lagi ke posisi awal.

h.          Knee Up.

Dari posisi awal kaki sejajar rapat, lutut kanan diangkat ke atas sehingga kaki membentuk sudut 90 derajat dan kembali lagi ke posisi awal kemudian diikuti lutut kaki kiri melakukan hal yang sama.

i.                 Forward & Backward (Mambo)

Dari posisi kaki rapat sejajar, langkahkan kaki kanan kedepan diikuti kaki kiri sehingga kedua kaki rapat sejajar didepan, kemudian kaki kanan dilangkahkan kebelakang 1 langkah diikuti kaki kiri kebelakang, sehingga kedua kaki kembali ke posisi semula.

j.                V Step

Posisi awal kaki rapat sejajar, langkahkan kaki kanan serong kanan ke depan di ikuti langkah kaki kiri serong kiri ke depan, sehingga kedua kaki sejajar terbuka lebar di depan. Kemudian langkahkan kaki kanan kembali serong ke belakang diikuti dengan kaki kiri, sehingga kedua kaki kembali seperti posisi awal.

k.                Leg Curl

1)     Posisi awal kaki rapat sejajar.

2)     Tekuk kaki kiri kebelakang hingga membentuk sudut 90 derajat

3)     Kembali lagi ke posisi awal.

4)     Selanjutnya bergantian tekuk kaki kanan ke belakang hingga

5)     membentuk sudut 90 derajat

6)     Kembali lagi ke posisi awal kaki rapat sejajar.

l.                 Single Diagonal

           1)      Posisiawal kaki rapatsejajar

2)      Putar badan 45 derajad ke kiri dengan melangkahkan kaki kanan ke depan.

3)      Ikuti kaki kiri merapat sejajar ke kaki kanan.

4)      Putar badan 45 derajad ke kanan dengan melangkahkan kaki kiri ke depan.

5)      Ikuti kaki kanan merapat sejajar ke kaki kiri.

6)      Langkahkan kaki kanan ke samping diikuti kaki kiri merapat sejajar dengan kaki kanan.

7)      Putar badan 45 derajat ke kiri diikuti kaki kanan ke belakang posisi badan kembali seperti awal.


Link video Senam Berirama https://www.youtube.com/watch?v=06jPEcLWWME


B.     Rangkuman

Senam irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

Alat yang digunakan dalam senam ritmik sportif adalah: bola (ball), pita (ribbon), tali (rope), simpai (hoop), gada (clubs). Variasi dan kombinasi gerak ritmik mencakup langkah kaki, ayunan lengan, koordinasi.

 

Pembelajaran gerak ritmik mampu membentuk sikap: menghargai tubuh, syukur kepada Sang Pencipta, berperilaku sportif, bertanggung jawab, menghargai perbedaan karakteristik, menunjukkan kemauan bekerjasama, toleransi dan mau berbagi dengan teman. Juga disiplin, menerima kekalahan dan kemenangan, dan mampu menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak serta mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak ritmik dengan koordinasi gerak yang baik.



Tidak ada komentar